Teknologi baru ini berkembang lebih cepat dari sebelumnya dan memegang janji memecahkan banyak tantangan yang paling mendesak di dunia, seperti makanan dan keamanan air, keberlanjutan energi dan obat-obatan pribadi. Pada tahun lalu saja, cetak 3D telah digunakan untuk tujuan medis; lebih ringan, lebih murah dan elektronik fleksibel yang terbuat dari bahan organik telah menemukan aplikasi praktis; dan obat-obatan yang menggunakan nanoteknologi dan dapat disampaikan pada tingkat molekuler telah dikembangkan di laboratorium medis.

Namun, pendapat kurang informasi publik, peraturan pemerintah dan antar pemerintah usang, dan tidak memadai model pendanaan yang ada untuk penelitian dan pengembangan adalah tantangan terbesar dalam efektif bergerak teknologi baru dari laboratorium penelitian untuk kehidupan masyarakat. Pada saat yang sama, telah diamati bahwa sebagian besar tantangan global abad ke-21 merupakan konsekuensi langsung dari inovasi teknologi yang paling penting dari abad 20st.

Memahami implikasi dari teknologi baru sangat penting baik untuk penggunaan tepat waktu alat-alat baru dan kuat dan untuk integrasi aman dalam kehidupan kita sehari-hari. Tujuan dari Meta-Council on Emerging Technologies adalah untuk menciptakan sebuah struktur yang akan menjadi kunci dalam menasihati para pengambil keputusan, regulator, pemimpin bisnis dan masyarakat global tentang apa yang harus melihat ke depan untuk (dan untuk) ketika datang ke terobosan perkembangan dalam robotika, kecerdasan buatan, perangkat pintar, neuroscience, nanoteknologi dan bioteknologi.
10 Teknologi Baru dan Canggih Tahun 2016
Source : www.weforum.org/communities/meta-council-on-emerging-technologies

10 Teknologi Baru dan Canggih

  1. Nanosensors dan Internet dari Nanothings - Dengan Internet of Things diharapkan terdiri dari 30 miliar perangkat terhubung pada tahun 2020, salah satu daerah yang paling menarik dari fokus saat ini adalah sekarang nanosensors mampu beredar dalam tubuh manusia atau menjadi tertanam dalam bahan konstruksi . Setelah terhubung, Internet ini Nanothings bisa memiliki dampak besar pada masa depan kedokteran, arsitektur, pertanian dan pembuatan obat.
  2. Next Generation Baterai - Salah satu kendala terbesar menahan energi terbarukan kembali adalah pencocokan pasokan dengan permintaan, tetapi kemajuan terbaru dalam penyimpanan energi menggunakan natrium, aluminium dan baterai berbasis seng membuat mini-grid layak yang dapat memberikan bersih, handal, sepanjang jam sumber energi untuk seluruh desa. 
  3. The Blockchain - Banyak sudah yang telah dibuat dari buku besar elektronik didistribusikan di belakang mata uang online Bitcoin. Dengan investasi usaha terkait melebihi $ 1 miliar dalam 2015 saja, dampak ekonomi dan sosial dari potensi blockchain untuk secara mendasar mengubah cara pasar dan pemerintah bekerja hanya sekarang muncul. 
  4.  2D Materials - Graphene mungkin, satu-atom bahan lapisan paling terkenal, tetapi tidak berarti satu-satunya. Jatuh biaya produksi berarti bahwa bahan 2D tersebut muncul dalam berbagai aplikasi, dari filter udara dan air untuk generasi baru yang dapat dikenakan dan baterai. 
  5. Autonomous Vehicles - mobil sendiri-mengemudi mungkin belum sepenuhnya legal di sebagian besar geografi, tetapi potensi mereka untuk menyelamatkan nyawa, memotong polusi, meningkatkan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup untuk orang tua dan lainnya segmen masyarakat telah menyebabkan penyebaran cepat dari pelopor teknologi kunci sepanjang jalan untuk otonomi penuh. 
  6. Organs-on-chips - model Miniatur organ tubuh manusia - ukuran memory stick - bisa merevolusi penelitian medis dan penemuan obat dengan memungkinkan peneliti untuk melihat perilaku mekanisme biologis dalam cara yang belum pernah mungkin. 
  7. Perovskite Solar Cells - bahan fotovoltaik baru ini menawarkan tiga perbaikan selama klasik silikon sel surya: lebih mudah untuk membuat, dapat digunakan hampir di mana saja dan, sampai saat ini, terus menghasilkan daya lebih efisien. 
  8. Open Al Ecosystem - kemajuan bersama dalam pengolahan bahasa alami dan algoritma kepedulian sosial, ditambah dengan ketersediaan belum pernah terjadi sebelumnya data, akan segera memungkinkan asisten digital pintar membantu dengan berbagai macam tugas, dari melacak keuangan seseorang dan kesehatan untuk memberi nasihat tentang wardrobe pilihan. 
  9. Optogenetics - Penggunaan cahaya dan warna untuk merekam aktivitas neuron di otak telah sekitar selama beberapa waktu, tetapi perkembangan terakhir berarti cahaya sekarang dapat disampaikan lebih dalam ke jaringan otak, sesuatu yang dapat menyebabkan pengobatan yang lebih baik bagi orang-orang dengan gangguan otak. 
  10. Systems Metabolik Engineering - Kemajuan dalam biologi sintetis, sistem biologi dan rekayasa evolusi berarti bahwa daftar blok bangunan kimia yang dapat diproduksi lebih baik dan lebih murah dengan menggunakan tanaman daripada bahan bakar fosil tumbuh setiap tahun.