Cara Sukses Memulai Investasi
Cara Sukses Memulai Investasi - Menabung dewasa ini seolah kurang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup dan keinginan. Terlebih lagi bagi yang sudah berkeluarga. Jika hanya mengandalkan pemasukan dari gaji bulanan saja, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengumpulkan sisa-sisa uang untuk ditabung. Padahal Anda harus memenuhi kebutuhan dan pengerluaran yang tidak pasti di masa mendatang. Karena itu, agar kebutuhan hidup dan impian jangka panjang bisa tercapai, ternyata ‘investasi’ merupakan cara yang sering dipilih sebagian orang untuk mempersiapkan masa depan mereka. Investasi adalah sebuah aktivitas keuangan dengan penanaman modal pada suatu aset dalam jangka waktu cukup lama yang diharapkan bisa menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Sebagai panduan untuk memulainya, berikut ini adalah step by step yang perlu Anda pahami untuk berinvestasi:
  1. Pahami Investasi
    Perbanyak informasi seputar investasi. Investasi sendiri memiliki beberapa macam instrumen dengan karakter yang berbeda. Dari berbagai instrumen tersebut, Anda bisa memilih salah satunya yang sudah dipahami dengan baik sehingga modal yang ditanam berada di aset yang aman dan tepat. 
  2. Tetapkan Tujuan
    Cari tahu apa tujuan kita untuk berinvestasi. Apa yang ingin dicapai dari hasil investasi yang nanti akan anda dapatkan? Dan, berapa tahun lagi anda ingin impian anda tersebut tercapai? Dengan mengetahui tujuan tersebut, kita jadi dapat memilih jenis investasi yang tepat yang dapat membantu anda untuk mencapai tujuan tersebut. 
  3. Kenali Diri
    Jenis investasi yang akan anda pilih dan perlu dipertimbangkan ialah berdasarkan kondisi diri kita masing-masing. Selain usia, kondisi karir, keuangan dan keluarga, anda juga perlu mengetahui sifat anda sendiri.

    Jika Anda adalah orang yang agresif dan memiliki keberanian tinggi, mungkin bisa mengambil investasi dengan risiko besar seperti bermain di bursa saham. Apabila masih ditengah-tengah, ingin keuntungan tinggi tapi tidak ingin mengambil risiko (moderat), mungkin akan cocok dengan investasi jenis obligasi, emas, dan properti. Terakhir, bagi yang masih awam, mengutamakan keamanan uang dan cenderung tidak mempermasalahkan imbal hasil investasi yang sedikit (konservatif), jenis investasi yang cocok untuk Anda diantaranya yaitu obligasi atau surat utang, maupun reksa dana.
  4. Hitung Budget
    Memulai berinvestasi, Anda wajib memiliki dana tabungan. Akan ada perhitungan cermat dan khusus yang perlu disesuaikan dengan jenis investasi yang Anda pilih. Sebagai pemula, anda dapat memulai investasi dengan risiko rendah terlebih dahulu seperti reksa dana, yang dapat dikelola dengan bantuan manajer investasi, dan kini bahkan ada yang dapat dibeli dengan harga pembelian awal Rp 100.000,-.
Demikianlah 4 Hal untuk Anda dalam memulai investasi. Semoga bermanfaat dan kelak Anda dapat hidup sejahtera di masa mendatang bersama istri/suami, anak-anak tercinta, serta segala mimpi pun dapat terwujud menjadi nyata.