smartphone
Apa itu smartphone ?
Mungkin dulunya anda sering bertanya-tanya saat pertama kali mendengar Smartphone, namun seiring dengan perkembangan teknologi, Arti dari Smartphone tersebut tidak dihiraukan lagi. Namun untuk menjadikan sebuah catatan, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang smartphone.

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang hampir menyerupai komputer. Smartphone saat ini telah dilengkapi dengan berbagai macam sistem operasi. Sampai saat ini belum ada standar pabrik yang menentukan arti smartphone.

Bagi beberapa orang, Smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.

Bagi yang lainnya, Smartphone merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti Email (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA.

Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. Sistem operasi yang dapat digunakan oleh Smartphone adalah Symbian OS, iOS, RIM BlackBerry, Windows Mobile, Linux, Palm, WebOS dan Android. 

Android dan WebOS dibuat oleh Linux, iOS dibuat oleh BSD dan sistem operasi NeXTSTEP berhubungan dengan Unix.

Dengan menggunakan smartphone anda juga dipermudahkan, baik itu dalam hal mengerjakan tugas, ataupun bekerja sehari-hari, namun penggunaan smartphone tentunya tidak dapat menggantikan yang namanya Komputer, seiring perkembangan Smartphone yang semakin canggih, Komputer saat ini juga telah melakukan evolusi didesain menyerupai berbagai macam bentuk seperti smartphone, dengan ukuran slim dan ringan agar penggunaan Komputer tidak membebani penggunya.

Untuk Anda pengguna Smartphone, simak dengan baik,

Cara Merawat Smartphone agar menjadi Awet dan Tahan Lama


  1. Hindari Penempatan Smartphone yang mengandung Medan magnet, seperti telivisi, radio dan benda-benda yang mengandung medan magnet.
  2. Smartphone harus menggunakan screen protector (anti gores) pada layar agar mengurangi gesekan langsung pada screen. Terutama untuk Smartphone yang dilengkapi Touch Screen.
  3. Smartphone tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung, karena bisa merusak kualitas LCD.
  4. Melakukan pengisian batre tidak melebihi dari 5 Jam, atau hindari mengisi baterai dari persentase isi 70% keatas. Lebih baik mengisi dari 20% dan pengisian harus sampai penuh. Karena kelebihan muatan bisa membuat Baterai smartphone anda soak (rusak).
Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan isi di kotak komentar.
Komentar Anda adalah motivasi untuk Saya selaku pemilik, Alangkah baiknya jika komentar tersebut berikan hal-hal yang dapat berguna untuk saya dan juga orang lain. Terima kasih.