Apa itu IHSG ?
Apa itu IHSG ?
Mungkin kata ini asing bagi anda, namun IHSG sangat populer dikalangan orang yang suka melakukan bisnis saham.
Berikut penjelasan tentang IHSG.
IHSG adalah sebutan untuk Indeks Harga Saham Gabungan, IHSG merupakan suatu indikator untuk memantau pergerakan harga seluruh saham yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. IHSG mulai diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983.

Pengertian IHSG menurut Sadwiji Widoatmojo

“Ringkasan dari dampak simultan dan kompleks atas berbagai macam faktor yang berpengaruh, terutama fenomena-fenomena ekonomi. Bahkan dewasa ini IHSG dijadikan barometer kesehatan ekonomi suatu negara dan sebagai landasan analisis statistik atas kondisi pasar terakhir (current market)”.

Pengertian IHSG menurut Robert Ang,

“Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan suatu nilai yang digunakan untuk mengukur kinerja saham yang tercatat dalam suatu bursa efek. IHSG ini ada yang dikeluarkan oleh bursa efek yang bersangkutan secara resmi dan ada yang dikeluarkan oleh institusi swasta tertentu seperti media massa keuangan, institusi keuangan, dan lain-lain”

Setelah membaca penjelasan diatas, dapat disimpulkan sebagai berikut :
"IHSG merupakan suatu indikator dalam memantau pergerakan harga saham yang dikeluarkan oleh suatu institusi swasta yang terdaftar di Bursa Efek yang dijadikan sebagai barometer kesehatan ekonomi suatu negara."