Apa itu Merchandise ? Apa itu Merchandiser ? Apa itu Merchandising ?
Apa itu Merchandise ? 
Apa itu Merchandising ? 
Apa itu Merchandiser ? 
Advertisment
Ini merupakan pertanyaan yang sangat ramai ditanyakan oleh orang-orang yang baru mendengarnya, Namun ketiga kata tersebut mempunyai makna yang sangat berdekatan satu sama lainnya. Mari kita simak apa itu Merchandise, Apa itu Merchandising dan Apa itu Merchandiser.

Merchandise adalah produk-produk yang dijual sebuah gerai ataupun toko/tempat usaha/swalayan dan sejenisnya. Merchandise merupakan senjata inti pertama yang menekankan pada persediaan, harga, kualitas, dan manfaat produk bagi konsumen.

Merchandising adalah setiap praktek yang berkontribusi terhadap penjualan produk ke konsumen ritel. Pada tingkat di dalam toko ritel, merchandising mengacu pada berbagai produk yang tersedia untuk dijual dan tampilan produk tersebut sedemikian rupa sehingga merangsang minat dan membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian. Dalam perdagangan ritel, tampilan visual merchandising berarti penjualan barang dagangan menggunakan desain produk, seleksi, kemasan, harga, dan tampilan yang merangsang konsumen untuk menghabiskan lebih banyak. Ini termasuk disiplin dan diskon, presentasi fisik produk dan display, dan keputusan tentang produk harus disampaikan kepada pelanggan yang pada waktu apa.

Sedangkan Merchandiser adalah orang yang melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan merchandising.

Tugas dan tanggung jawab seorang Merchandiser (MD)

  • Memajang, mendisplay, merapikan dan menata produk
  • Menjaga kebersihan produk yang dipajang
  • Menjalankan semua progam promosi perusahaan
  • Membantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko modern market/tradisional market
  • Membuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaan
  • Menjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerja
  • Memberikan informasi tentang produk baru