Duta Besar Rusia, Andey Karlov Tewas di Ankara, Turkey pada Senin 19 Desember 2016 Waktu Setempat
Ankara, Turki Senin (19/12) - Duta Besar Rusia Andey Karlov ditembak saat berpidato ketika berada disebuah acara Pameran Seni di Ankara Turkey. Belum diketahui secara pasti motif dari serangan atas Duta Besar Karlov. Namun beberapa media menyebutkan Andrei Karlov diserang oleh seorang pria diyakini sebagai Polisi Lokal Turki. Penyerangan dilakukan beberapa menit saat Andey Karlov sedang memberikan Pidato. 

Dari gambar-gambar yang beredar di internet dan sejumlah media online, Orang yang melakukan serangan menunjukkan seorang pria mengenakan jas dan dasi berdiri dengan tenang di belakang duta besar. Dia kemudian mengeluarkan pistol dan menembakkan sedikitnya delapan tembakan.

Setelah menembaki duta besar, pria itu berteriak dalam bahasa Turki: 
"Jangan lupa Aleppo. Jangan lupa Suriah. Kecuali kota-kota kami yang aman, Anda tidak akan menikmati keamanan. Hanya kematian dapat membawa saya dari sini. Setiap orang yang terlibat dalam penderitaan ini akan membayar harga. "
Sehari sebelumnya maraknya unjuk rasa dari sekelompok warga di gedung Konsulat Jenderal Rusia di Istanbul yang menentang dukungan Rusia atas pasukan pemerintah Suriah.

Meski Hubungan Turki dan Rusia agak menegang dalam beberapa waktu belakangan karena keterlibatan kedua negara dalam konflik di Suriah. Bagaimanapun pemerintah Ankara dan Moskow ikut bekerja sama dalam operasi senjata di Aleppo.