Debat Kedua Cagub dan Cawagub Aceh yang berlangsung di AMEL CONVENTION HALL
Beritaitu.com, Banda Aceh – Dalam Acara Debat Kedua Cagub dan Cawagub Aceh yang berlangsung di AMEL CONVENTION HALL, Salah satu Calon Gubernur Aceh nomor urut 2, Zakaria Saman menanyakan perihal komentar kepada Calon Gubernur Aceh lainnya yaitu Zaini Abdullah. Zakaria Saman menanyakan Dana hibah sebesar 650 miliar untuk mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang pemanfaatannya dianggap tidak jelas.
"Saya (juga) GAM. Katanya Anda pernah kasih uang 600 miliar ke kami (dalam hal ini dimaksud sebagai mantan Kombatan GAM), di mana uang itu,” demikian pertanyaan Zakaria Saman menggunakan Bahasa Aceh saat berlangsung debat kandidat putoran kedua Rabu 10 Januari 2017.
Kandidat gubernur yang akrab disapa Apa Karia menyebutkan, Padahal ada 30 ribu mantan kombatan GAM di Aceh, tetapi mereka ada yang tidak mendapatkan dana tersebut.
Apa Karia juga mempertanyakan, uang sebanyak itu dibawa ke mana. Kalau tidak jelas keberadaan uang itu, Apa Karia menuding Zaini Abdullah selaku Gubernur Aceh bertanggungjawab mengelola keuangan Aceh telah lepas kontrol.
"Sama siapa Anda kasih uangnya? (Kalau tidak jelas) berarti anda lost control. Bapak yang teken, bapak dapat fee?,” tanya Apa Karya.
Mendapat pertanyaan tersebut, Abu Doto menjelaskan, ia melanjutkan program kepemimpinan terdahulu dengan mengalokasikan dana sebesar 650 miliar kepada kombatan GAM. Anggaran itu, menurut calon gubernur yang sering dipanggil Abu Doto, diplot untuk pemanfaatan peternakan lembu, ayam dan perikanan.
Karena dikelola oleh orang yang tidak amanah, jelas Zaini, uang tersebut barangkali telah hilang dan tak diketahui penggunaannya.
“Saya sudah kasih (melaporkan) ke kejaksaan untuk ditindaklanjuti. Harusnya Anda (Zakaria sebagai mantan GAM) dapat. Tapi (entah kenapa) tidak dapat apa-apa,” ujar Zaini Abdullah.
Zaini Abdullah kemudian mempertegas pada Apa Karia untuk menanyakan seputar pengusutan kasus dana tersebut kepada Kejaksaan Tinggi.
“Tanyakan ke Kejati supaya ini tuntas semua,” ujar Zaini.