Tugas dan Tanggung jawab Seorang Operator Boiler
Apa itu Operator Boiler ?
Mungkin Anda bingung dan merasa aneh dengan posisi kerja sebagai Operator Boiler, Namun sebelum anda memilih untuk berkarir sebagai Operator Boiler, simak sedikit penjelasan saya tentang Apa itu Boiler ?

Boiler merupakan sebuah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan dipergunakan untuk pemanasan atau digunakan sebagai tenaga gerak. Alat Boiler menggunakan berbagai jenis Bahan bakar pendidih mulai dari yang populer seperti batubara dan minyak bakar, sampai listrik, gas, biomasa, nuklir dan lain-lain. Boiler dikatagorikan sebagai bagian terpenting dari penemuan mesin uap yang merupakan pemicu lahirnya revolusi industri.

Nah, Setelah mengetahui apa itu Boiler, pasti Anda sudah sedikit mengerti.
Seorang Operator Boiler tidak jauh berbeda dengan Operator pada umumnya, namun Seorang Operator Boiler harus mengikuti pelatihan boiler melalui pihak ke-3 yang ditunjuk oleh Depnaker untuk menyelenggarakan pelatihan dan mengeluarkan sertifikatnya kepada Seorang Calon Operator Boiler.

Dalam melaksanakan tugas nya, seorang Operator Boiler harus berpedoman kepada Jobs Description yang telah ditetapkan Oleh Perusahaan tempat mereka bekerja, berikut ini merupakan beberapa Tugas dan Tanggung jawab Seorang Operator Boiler.

Tugas dan Tanggung jawab Seorang Operator Boiler

  • Bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional mesin boiler
  • Bertanggung jawab terhadap perbaikan mesin, apabila terjadi  kerusakan serta perawatan rutin pada mesin boiler
  • Bertanggung jawab terhadap stock batu bara untuk kelancaran produksi
  • Bertanggung jawab terhadap peralatan kerja inventaris perusahaan yang diberikan kepadanya.