Lowongan Kerja di Bank Tidak Hanya Posisi Teller, Frontliner dan Customer Service,
Lowongan Kerja di Bank - Apakah Anda Tau Apa Itu Kerja di Bank ?
Bisa jadi Anda merasa bingung akan posisi apa yang cocok dengan latar belakang pendidikan Anda.
Biasanya kita menemukan informasi Lowongan Kerja di Bank namun ada beberapa posisi lowongan kerja di bank yang tidak memberikan syarat jurusan tertentu sehingga siapapun boleh melamar. 

Namun karena ketidaktahuan, Kita sering mengabaikan informasi Lowongan Kerja pada Bank tersebut.

Nah, untuk memberikan sedikit Informasi Tentang Lowongan Kerja di Bank, Simak beberapa posisi lowongan kerja di Bank beserta bidang yang dilingkupinya dibawah ini :

Kerja di Bank Posisi Pelayanan

Pekerjaan Pelayanan di Bank meliputi posisi: call centre, teller, and costumer service. Uraian pekerjaan: melayani nasabah, menerima setoran/penarikan, menangani pembukaan rekening, atau pengecekan saldo.

Kerja di Bank Posisi  Marketing

Pekerjaan Marketing di Bank meliputi bagian Funding dan Lending. Mereka inilah yang disebut Banker, orang-orang yang menjadi pemain utama dalam bisnis sebuah bank dan menjadi penyuplai dana bagi bank tersebut. Tugasnya adalah menangani nasabah, mencari dana masuk, menawarkan kredit atau produk bank, dan lain-lain.

Kerja di Bank Posisi Operasi

Pekerjaan Posisi Operasi di Bank meliputi processing, settlement, dan kliring. Pekerjaannya bertanggung jawab akan keluar/masuknya pengiriman uang, penyelesaian transaksi, obligasi dan surat berharga.

Kerja di Bank Posisi Support

Pekerjaan Posisi Support di Bank meliputi bagian administrasi, legal, dan credit analyst.

Kerja di Bank Posisi Non-operasional 

Pekerjaan Non Operasional di Bank meliputi Human Resource Department, IT, compliance, risk management, produk. Ruang lingkup pekerjaan mereka tidak berhubungan langsung dengan kegiatan banking itu sendiri.

Namun, dari berbagai posisi pekerjaan di Bank, Posisi di bidang pelayanan seperti Teller, Customer Service merupakan posisi yang paling diminati oleh para pencari kerja.

Alasan utama pencari kerja memilih bekerja di Bank yaitu penghasilan.
Penghasilan menjadi salah satu daya tarik utama mengapa para pencari kerja berminat dengan dunia perbankan. Apabila dilihat dari segi penghasilan, menurut hasil penelitian, standar gaji pegawai bank cukup tinggi. Perbandingannya dengan gaji rata-rata bisa mencapai 171 : 1 hingga 5 : 1. 
Perbandingan itu adalah rasio ketimpangan gaji antara top level dengan entry level. Eksekutif muda perbankan Michael R. Tampi, menyatakan bahwa 
Dalam setahun pegawai bank mendapat gaji sebanyak 14-15 kali, belum termasuk bonus-bonus dan kenaikan gaji di industri perbankan tahun ini paling besar dibanding industri lainnya.”
Perusahaan perbankan juga biasanya menawarkan program seperti 

  • Officer Development Program (ODP), 
  • Management Development Program (MDP), 
  • Program Pelatihan Eksekutif (PPE), 
  • Management Trainee (MT)

Posisi program diatas merupakan program pelatihan yang dipersiapkan bagi fresh graduate dan calon karyawan baru mengenai pelatihan manajemen dan hal-hal yang ada di dunia perbankan.

Melalui Program Management Trainee di Bank, calon karyawan akan langsung memiliki posisi setara dengan supervisor atau kepala bagian divisi tertentu dan status pekerja permanen di perusahaan tersebut. 

Ketika masih menjalani pelatihan, seorang calon karyawan akan menerima Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.000/bulannya dan setelah lulus menerima Rp.6.000.000 – Rp.7.500.000/bulan.

Nah, dengan melihat penjelasan diatas, Apakah Anda tertarik untuk melamar Pekerjaan di Bank ?