Beritaitu.com, Teknologi - Perusahaan Raksasa Google kembali membatasi gerak penggunanya, yaitu dengan menghentikan  layanan pada layanan Youtube.
Editor Video dan Slideshow Foto

Editor Video dan Slideshow Foto ini merupakan layanan Youtube yang sering digunakan oleh para youtuber dalam membuat, menyempurnakan bahkan mengedit video dengan fitur Creative Commons.

Pihak Youtube saat ini memberikan notifikasi kepada seluruh pemilik Channel untuk segera menuntaskan semua project yang sedang dibuat dengan Editor Video dan Slideshow foto sebelum tiba pada tanggal 20 September 2017. 

Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang perubahan ini:
  • Penyempurnaan akan terus tersedia dan dapat diakses melalui Pengelola Video. Anda masih dapat menggunakan fitur Penyempurnaan pada Pengelola Video untuk meningkatkan video yang Anda upload dengan melakukan pengeditan seperti menerapkan trim, blur, dan filter.
  • Jika Anda sedang menggunakan Editor Video atau Slideshow foto, masih ada waktu hingga 20 September 2017 untuk menyelesaikan dan memublikasikan proyek. Setelah tanggal ini, proyek Anda tidak akan dapat diakses lagi. Video yang dipublikasikan dengan Editor Video atau Slideshow foto sebelum 20 September 2017 tidak akan terpengaruh.
  • Anda dapat mendownload video Anda sendiri dari YouTube dalam 720p, atau menggunakan Google Takeout untuk mengambil file asli jika ingin menggunakannya di video baru.
  • Untuk menemukan materi Creative Commons untuk digunakan dalam video, filter hasil penelusuran Anda dengan Fitur = Creative Commons. Anda dapat mengirim pesan pribadi ke uploader jika menemukan video yang dilisensikan sebagai Creative Commons, untuk menanyakan apakah Anda juga boleh menggunakan file video asli tersebut.
  • Ada banyak software pengeditan gratis dan berbayar dari pihak ketiga jika Anda ingin menggunakan software pengeditan baru. Anda bisa mengunjungi salah satu forum dan platform komunitas kami untuk mengetahui software yang digunakan kreator lain.
Mungkin dengan ditutupnya layanan Editor Video dan Slideshow Foto membuat anda sedih, namun akan memberikan efek positif untuk para pembuat konten Original dan Video Creator.