Kesehatan Mata - Dalam sebuah studi mengenai katarak ditemukan bahwa mata sangat sensitif terhadap kondisi kekurangan nutrisi. Komponen gizi dan mikronutrien seperti protein, vitamin A, C, E, niasin, dan tiamin adalah beberapa yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan mata.
Makanan yang dapat membuat mata anda sehat secara alami,
Komponen gizi gizi dan mikronutrien tersebut terdapat dalam berbagai makanan di bawah ini, yang mungkin tidak anda disadari fungsi spesifiknya bagi mata.

Kacang-kacangan

Kacang seperti kacang almon dan kacang kenari juga kaya akan omega-3. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin E yang selain dapat menjaga kesehatan kulit, juga membantu mencegah berbagai penyakit mata degeneratif. 

Dengan target konsumsi sekitar 15 mg vitamin E sehari, Anda dapat mencapai setengahnya dengan makan 20 butir kacang almon.

Ikan

Ikan, terutama salmon, adalah sumber protein yang bagus untuk kesehatan mata. Salmon kaya akan omega-3 yang merupakan asam amino baik, dan dapat menjaga kesehatan retina. Omega-3 juga dapat membantu mencegah mata kering.

Susu dan berbagai produk dari susu

Susu dan produknya, seperti keju dan yoghurt, juga baik untuk kesehatan mata. 
Susu mengandung vitamin A dan besi. Vitamin A akan menjaga kesehatan kornea, sedangkan besi merupakan kendaraan yang akan membawa vitamin A dari hati ke mata.

Jeruk dan Buah-buahan sitrus lainnya

Jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya kaya akan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin C membantu menjaga kondisi pembuluh darah yang ada di mata, dan mencegah berbagai penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makular. Jeruk juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga penting untuk kesehatan mata.

Selain makanan tersebut diatas, masih ada beberapa makanan lain yang baik untuk kesehatan mata anda seperti telur, tiram, madu, dan lain-lain.