Beritaitu.com Madinah - Fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan berakhir. Sebanyak enam kloter dijadwalkan akan mendarat di Madinah pada hari terakhir kedatangan, Sabtu, 12 Agustus 2017.
Rilis data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Bandara, Jumat (11/08), menyebutkan bahwa enam kloter yang akan mendarat besok di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah adalah:
  1. Kloter delapan belas Embarkasi Makassar (UPG 18),
  2. Kloter sembilan Embarkasi Banjarmasin (BDJ 09),
  3. Kloter tiga belas Embarkasi Batam (BTH 13),
  4. Kloter empat puluh tujuh Embarkasi Solo (SOC 47),
  5. Kloter dua puluh sembilan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 29), dan
  6. Kloter delapan Embarkasi Palembang (PLM 08).

Operasional kedatangan jemaah haji di Madinah sudah berlangsung 15 hari. Sebanyak 96.421 jemaah haji Indonesia telah tiba di Madinah. Mereka didampingi oleh 1.185 petugas haji ((TPHI, TPIHI, dan TKHI).
Kedatangan jemaah haji di Arab Saudi sampai dengan hari ini sudah mencapai 47% dari total 204.000 kuota haji tahun ini,” ujar Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat, Jumat (11/08).
Menurut Arsyad, sampai dengan saat ini total 237 kloter dari 249 kloter yang dijadwalkan sudah mendarat di Madinah. Enam kloter dijadwalkan akan mendarat sampai dengan malam hari ini. Sedang enam kloter lainnya mendarat setelah berganti hari.

Dari ke enam kloter jamaah Haji Indonesia, terlihat hal paling unik, yaitu saat Pasukan caping tiba di Bandara Internasional Mohammed Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Jumat (11/8).

Pemandangan luar biasa itu terlihat saat jamaah kloter 45 Embarkasi Solo (SOC 45) tiba di terminal haji. Sebanyak 45 orang yang berasal dari rombongan delapan mencuri perhatian karena saat tiba mereka mengenakan caping (topi yang biasanya dikenakan petani di sawah).

Warnanya hijau dan bertuliskan KBIH Al Munawwaroh. Seorang jamaah, Abdullah Sopari (60) asal Tuban mengatakan, ide tersebut berasal dari KBIHnya. Dari delapan rombongan yang tiba, memang hanya satu rombongan yang mengenakan caping.
"Pakai caping untuk menghindari panas. Selain itu, agar gampang dikenali dari kejauhan," katanya ketika tiba di Terminal Haji bandara, pukul 08.30 WAS.
Abdullah yang berasal dari Cilacap ini akan menjalankan ibadah haji dengan ditemani istrinya Samiah (56). Ada delapan kloter yang mendarat di Paviliun Haji hingga Jumat siang, yakni JKG 28, BTH 12, PLM 7, SUB 41, SUB 42, SOC 44, SUB 43 dan SOC 45.