Beritaitu.com Kesehatan - Jangan Heran Kalau Ke Aceh banyak melihat orang menghabiskan waktu di Kedai Kopi / Cafe - cafe hanya sekedar untuk menikmati secangkir Kopi. Hal ini bukan hanya sekedar ngopi belaka, tetapi sangat banyak manfaat yang didapat dari Ngopi itu sendiri.

Warga Aceh menikmati kopi dengan berbagai kegiatan didalamnya, seperti bertemu dengan sahabat untuk silaturrahmi, ataupun mencari suasana ramai untuk menghilangkan jenuh, bahkan banyak pejabat di Aceh mengadakan rapat penting di kedei kopi.
Yusuf Kala Ngopi Di Aceh
Foto : Wakil President Bapak Yusuf Kala saat ke Aceh
Nah, Fakta yang ingin disampaikan sebenarnya yaitu Banyak Sekali Manfaat Kopi, karena kopi sudah sering dituduh sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit –seperti penyakit jantung, lambung, dan kerusakan gigi.

Beberapa penelitian sebenarnya sudah menjelaskan manfaat penting dari kopi, bahkan Minum kopi ternyata dapat membuat awet muda seseorang.

Berikut ini beberapa manfaat Kopi yang telah dilakukan penelitian, antara lain :

Kopi Dapat Menekan Angka Kematian Akibat Penyakit Jantung

Salah satu fakta yang menarik yaitu konsumsi kopi dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian dari American Heart Association. Di dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa konsumsi kopi antara 1–2 cangkir sehari tidak berbahaya bagi jantung.

Kopi Dapat Menekan Resiko Stroke Pada Wanita Usia Lanjut

Konsumsi kopi juga ditemukan mampu menurunkan risiko terjadinya stroke pada wanita usia lanjut. Peneltian di Amerika dan Swedia menemukan, wanita usia lanjut yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir dalam sehari, mengurangi risiko stroke sebesar 20–25 persen.

Penelitian serupa yang dilakukan terhadap pria usia lanjut juga menunjukan hasil yang sama.

Kopi Dapat Meningkatkan Mood Seseorang

Sebuah studi di Harvard tahun 2013 menemukan bahwa kopi menurunkan risiko bunuh diri. Konsumsi kopi sebanyak 2–3 cangkir sehari mampu menurunkan risiko bunuh diri sebesar 45 persen. Pasalnya, kafein di dalam kopi merupakan stimulan yang dapat meningkatkan mood seseorang.

Terbukti bahwa minuman yang satu ini memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan. 
Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan, sebab hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan lambung.