Kesehatan Kulit - Memiliki kulit yang mulus dan bersih merupakan idaman setiap orang. Namun tahukah anda bahwa ternyata kulit Anda dapat berbicara tentang masalah kesehatan ?
Penyakit yang dapat dideteksi melalui kulit Anda
Ternyata Kulit dapat memberikan tanda terhadap penyakit apa yang ada di dalam tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah kulit, jangan disepelekan, segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ini merupakan beberapa Penyakit yang dapat dideteksi melalui kulit Anda

Penyakit Jantung Rematik

Masalah kulit berupa ruam merah yang seringkali muncul bersamaan dengan tonjolan bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit jantung rematik. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak, yang sebelumnya mengalami penyakit radang tenggorokan.

Lupus

Ruam merah pada kulit berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat di kedua pipi dan melewati hidung dapat merupakan pertanda penyakit lupus, yakni suatu penyakit autoimun yang dapat menyerang sel-sel dalam tubuh Anda.

Alergi

Ruam merah dan terasa gatal pada kulit yang disertai bibir bengkak atau biduran dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki alergi terhadap suatu bahan atau makanan.

Diabetes

Bercak cokelat kehitaman pada tengkuk atau lipatan ketiak Anda dapat menjadi penanda bahwa Anda berisiko mengidap diabetes.

Hepatitis C

Bercak ungu gatal di tungkai bawah yang tidak kunjung sembuh walau sudah diobati bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda mengidap hepatitis C.

Gangguan Hormon Kortisol

Jika Anda merasa kulit tubuh semakin menggelap dan berwarna kecokelatan, terutama di bagian lipatan dan sendi, mungkin tubuh Anda sedang kekurangan hormon kortisol.

Hipotiroid

Jika Anda merasa kulit tiba-tiba menjadi sangat kering, mungkin Anda mengalami kekurangan hormon tiroid, atau disebut dengan hipotiroid.

Sumber : www.klikdokter.com