Tips Sehat Saat Bekerja - Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setidaknya sepertiga penduduk AS hidup di bawah tekanan yang ekstrim, sementara hampir separuh negara (48%) percaya bahwa stres mereka telah meningkat dalam 5 tahun terakhir. Kondisi ini berkontribusi terhadap munculnya masalah kesehatan, hubungan yang buruk, dan hilangnya produktivitas tenaga kerja, menurut American Psychological Association (APA).

Semua orang tampaknya memiliki definisi stres mereka sendiri, namun kebanyakan orang tidak benar-benar tahu apa artinya. 

Apa itu STRES ?

Stres adalah reaksi alami tubuh yang memiliki manifestasi psikologis dan fisik dan yang kita semua alami saat menghadapi perubahan dalam kehidupan kita. Ini menyebabkan otak waspada, sistem saraf terbangun, dan hormon dilepaskan untuk mempercepat indra, mempercepat denyut nadi, memperdalam nafas, dan mengencangkan otot-otot.

Saat seseorang menderita stres, tubuh mengkonsumsi vitamin, protein, dan mineral lebih cepat, menurunkan pertahanan dan kehilangan nutrisi penting. Hal ini bisa tercermin dalam lingkungan kerja Anda, karena bisa menghasilkan: kelelahan berlebih, depresi, sakit, kehilangan konsentrasi, mood buruk, dan produktivitas rendah.
Cara Mengurangi Stres di Tempat Kerja
Cara Mengurangi Stres di Tempat Kerja
Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan yang dapat menyebabkan stres pada tubuh kita dan akibatnya ke lingkungan kerja kita, mengkonsumsi beberapa makanan yang akan membantu Anda mengisi beberapa energi:

#1. Kacang-Kacangan

Makanan super ini meningkatkan kadar serotonin Anda, mengatur tidur dan kesenangan, dan meningkatkan perasaan akan kesehatan.

#2. Dark Chocolate 

Camilan ini menstimulasi produksi opiat dan dopamin. Opiat adalah zat kimia yang bertanggung jawab untuk mengurangi sensasi rasa sakit dan menciptakan kesehatan, sementara dopamin mempengaruhi sensasi kenikmatan.

#3. Susu

Cairan yang disayangi ini memiliki sifat santai yang kuat yang mengurangi kadar kortisol, hormon yang diproduksi tubuh saat kita stres. Selain itu, antioksidan dan vitamin B2 dan B12 yang tinggi, juga protein dan kalsium.

#4. Buah Kiwi 

Buah beraroma ini mengandung vitamin C yang membantu mengaktifkan sejumlah enzim dalam tubuh untuk meningkatkan kadar energi metabolik. Ini juga mengandung neurotransmiter yang berbeda di otak yang meningkatkan energi fisik dan mental.

#5. Teh Hitam

Ada alasan mengapa orang china sangat suka meminum teh. Teh membantu Anda pulih lebih cepat dari stres kehidupan sehari-hari, karena memiliki khasiat kadar kortisol yang lebih rendah (hormon stres) dalam darah.

Nah, dengan mengkonsumsi salah satu makanan yang disebutkan di atas dalam makanan sehari-hari Anda, Anda dapat menangkal kerusakan yang disebabkan oleh tingginya tingkat stres di tubuh Anda dan meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja. 

Selamat Bekerja, Jangan Abaikan Kesehatan Ya...