Manfaat Biji Labu Kuning bagi kesehatan, Namun sering dibuang begitu saja

Manfaat Biji Labu Kuning bagi kesehatan
Khasiat Labu Kuning - Labu kuning biasanya dijadikan sayur atau bahan dasar membuat kue. Tidak hanya daging labu kuning, ternyata biji labu kuning juga mengandung banyak khasiat ajaib bagi kesehatan.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap 2 sendok makan biji labu kuning (sekitar 28 gram) mengandung :
  • 163 kalori, 
  • 4 gram karbohidrat (termasuk 2 gram serat dan kurang dari 1 gram gula), 
  • 8 gram protein, 
  • 8% kebutuhan zat besi sehari-hari. 
  • Magnesium, 
  • Seng, 
  • Tembaga, dan 
  • Selenium yang baik.
  • Omega 3
Berikut ini beberapa khasiat yang terkandung dalam Biji Labu Kuning

Khasiat dari biji labu kuning bagi kesehatan:

  1. Mengurangi cemas saat stres
    Biji labu kuning mengandung konsentrasi triptofan asam amino yang tinggi. Kandungan ini dapat menjadi obat penenang alami, yang membantu menurunkan kecemasan saat Anda stres. 
  2. Obat cacingan
    Seorang ahli farmasi, Debbie Edson, menyebut biji labu kuning juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi cacingan atau parasit lain yang ada di dalam tubuh. Penduduk Amerika dan Afrika sudah lama menjadikan biji labu kuning sebagi obat tradisional untuk mengatasi cacingan.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Dikutip dari personalliberty.com, rutin mengonsumsi biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini karena biji labu kuning kaya akan antioksidan, yang efektif melawan radikal bebas dan membuat daya tahan tubuh semakin tinggi. 
  4. Mencegah diabetes
    Mengonsumsi biji labu kuning sebanyak 100 miligram per hari dapat membantu mengurangi risiko diabetes mellitus tipe 2 hingga 15%.
  5. Kesehatan hati dan jantung
    Serat dalam biji labu kuning membantu menurunkan jumlah kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak. 
Omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), kolesterol total, dan trigliserida, mengurangi plak di dinding arteri, memperbaiki fungsi endotel (ukuran kesehatan peredaran darah), dan membantu menurunkan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi biji labu kuning kupas yang disangrai (goreng tanpa minyak) anda bisa menikmati manfaatnya. 

Selain dari biji labu kuning, Anda juga bisa mendapatkan manfaat sehat dengan mengonsumsi buah labu kuning secara langsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel