4 Penyebab Penghasilan Adsense Menurun Tanpa Kamu Sadari, Simak selengkapnya

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense
Tips Optimasi Google Adsense - Saya ingin berbagi sedikit ilmu bagaimana cara untuk memperbaiki Penghasilan dari Adsense Anda yang akhir-akhir ini mengalami penurunan secara drastis.

Sebenarnya Google telah memberikan kita berbagai alat dan laporan yang bisa membantu Anda melihat apa sebenarnya penyebab menurunnya pendapatan Kita, Namun Kita masih bingung bagaimana cara Kita merespons hal tersebut untuk mengoptimalkan penghasilan Kita.

Ini merupakan suatu hal yang sangat serius untuk Anda perhatikan, salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah:
Apakah keseluruhan tampilan halaman Anda turun ?
Apakah ada masalah lain yang menyebabkan penurunan ?

Untuk mengetahui hal tersebut sebenarnya anda bisa melihat Google Analytic atau tampilan halaman website anda pada laporan Google Adsense.

Namun, Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi pendapatan Adsense Anda,Tapi yang paling penting untuk perhatikan yaitu 4 hal berikut ini:
  • Rasio klik-tayang (RKT) 
  • Biaya per klik (BPK) 
  • Pendapatan halaman per seribu tayang (RPM halaman) 
  • Tampilan halaman 
Anda dapat melihat semua metrik ini di tab Laporan kinerja di akun AdSense Anda.
Dalam hal permasalahan yang disebabkan hal diatas, ini 4 Cara Menangani Masalah yang mungkin Anda temukan.

 1. Pendapatan Adsense Turun Karena Tampilan Halaman Turun

Saat anda ingin memperbaiki masalah dalam tampilan halaman, sebaiknya anda memperpanjang tanggal laporan menjadi 1 bulan atau 2 bulan agar lebih mudah mengidentifikasi Tren atau masalah yang spesifik.

Jika blog Anda membahas tentang mata pelajaran, maka lihat waktu yang paling buruk dalam bulan tersebut, misal : Penurunan Trafik terjadi karena liburan pelajar.
Jika hal itu terjadi, maka anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
  • Promosikan situs Anda dengan situs utama lainnya yang mencakup topik yang sama.
  • Promosikan situs Anda melalui media sosial, dan buat sekelompok orang yang tertarik yang secara teratur mengunjungi situs Anda.
  • Gunakan Google Search Console untuk memastikan situs Anda dirayapi dan diindeks dengan benar.
  • Perbarui situs Anda secara teratur untuk mendorong pengunjung berulang. Anda mungkin juga ingin mengirimkan email atau newsletter tentang pembaruan Anda.

2. Penghasilan Adsense Turun Akibat CPC Turun

Jika penghasilan Anda turun karena CPC atau BPK yang turun, itu disebabkan oleh Kata Kunci yang ditawarkan pada konten situs anda dipengaruhi oleh Besarnya minat Pengiklan untuk membayarkan Harga untuk kata kunci tersebut,

Namun, anda dapat memperbaiki hal tersebut dengan memperhatikan beberapa cara, antara lain :
  • Lihat Apakah Ukuran Iklan yang Anda gunakan berkinerja terbaik. Umumnya, ukuran paling berhasil untuk BPK dan RKPT adalah 720x90, 336x280, 160x600, dan spanduk seluler 320x100.
  • Perhatikan Anda tidak memblokir iklan yang tidak Anda butuhkan. Memblokir terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, kategori umum atau sensitif akan sering menurunkan BPK karena hanya ada sedikit pengiklan dalam penawaran lelang pada inventaris Anda. Semakin banyak inventaris yang dimiliki akses situs Anda, semakin besar kemungkinan tekanan lelang akan mendorong BPK Anda.
  • Lihatlah Bagaimana Musiman dapat mempengaruhi tawaran pengiklan Anda. Misalnya, Ini merupakan musim panas, maka pengiklan pakaian renang sering menaikkan tawaran mereka di minggu-minggu awal musim panas. Tetapi jika situs Anda hanya melayani siswa, Anda seharusnya mengharapkan lalu lintas turun di musim panas.

3. Peringkat pencarian saya telah turun

Peringkat Search Engine turun, maka anda harus melakukan Investigasi yang lebih dalam mungkin menunjukkan bahwa halaman Anda tidak berperingkat tinggi dalam hasil pencarian seperti dulu. 

Pemecah Masalah Webmaster dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan masalah umum dengan situs Anda di Google Penelusuran dan Google Search Console.

4. Penghasilan Adsense Turun Karena RKPT atau RPM Turun

Banyak sekali Publisher mengalami penurunan RKPT atau RPM halaman, hal ini disebabkan oleh perancangan situs yang membingungkan atau penargetan yang buruk.

Pengunjung melihat iklan pada situs Anda tapi tidak mengekliknya karena mereka merasa tidak relevan dengan apa yang sedang mereka butuhkan, atau mungkin mereka sama sekali tidak melihat iklan pada situs Anda. Dengan demikian pendapatan Anda akan menjadi lebih rendah.
Bagaimana Cara mengatasi masalah RPM Halaman menurun tersebut ?
Berikut adalah beberapa Cara terbaik untuk menaikkan RKPT dan RPM laman Anda:
  • Setting Campur, komplemen, dan kontras: gunakan teknik ini untuk merancang gaya iklan yang akan berhasil di situs Anda.
  • Maksimalkan ruang iklan dengan beberapa unit iklan: pastikan untuk melihat apakah tiga unit iklan tepat untuk situs Anda; karena kini Adsense tidak lagi membatasi penggunaan banyaknya Unit Iklan yang anda gunakan, namun tetap saja anda tidak menyalahi ketentuan penerapan unit iklan dari Google Adsense.
  • Gunakan ukuran iklan berkinerja terbaik: Seperti yang tercantum di bagian BPK di atas, ukuran iklan paling sukses adalah 720x90, 336x280, 160x600, dan spanduk seluler 320x100.
Semoga Tips Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense ini dapat membantu Anda mengatasi masalah Penyebab Menurunnya Penghasilan Adsense Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel