Kebutuhan Energi dan Zat Gizi Pada Ibu Hamil

Kebutuhan Energi dan Zat Gizi Pada Ibu Hamil - Kehamilan merupakan suatu peristiwa alamiah yang terjadi pada setiap wanita usia subur, kehamilan sendiri ditandai dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan calon janin di dalam rahim seorang wanita.

Kehamilan sendiri diketahui ketika adanya kadar Human Chorionic Gonadotropin (CHG) didalam urin seorang wanita saat diperiksa, atau kehamilan itu dapat juga diperiksa menggunakan USG dan mendengar suara detak jantung janin serta meraba bentuk janin.
Foto : Ibu Hamil

Kebutuhan Energi dan Zat Gizi Pada Ibu Hamil

Setiap wanita hamil membutuhkan energi dan zat gizi berbeda dengan wanita pada umumnya. Wanita hamil harus mampu mengonsumsi makanan yang cukup untuk metabolisme tubuh nya agar memastikan janinnya tetap tumbuh dengan sehat.

Tambahan energi yang dibutuhkan ibu hamil adalah 180 kkal per hari pada semester 1 dan 300 kkal pada semester 2 dan semester 3. Adapun tambahan protein yang dibutuhkan pada ibu hamil adalah 17 gram selama masa kehamilan.

Tambahan kebutuhan zat besi (Fe) pada ibu hamil adalah 1.050 mg atau setara dengan 1,1 g, digunakan untuk pembentukan sel darah merah janin, kebutuhan plasenta, perbanyakan sel darah ibu hamil, dan meningkatkan masa haemoglobin.

Konsumsi Kafein pada ibu hamil sebaiknya dikurangi untuk menghindari resiko terjadinya keguguran pada janin, bayi dengan berat badan rendah, dan kematian tiba-tiba pada janin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel