Makanan Yang Harus Dihindari, Ibu Hamil Harus Tau

Kesehatan Ibu Hamil -  Anda sedang dalam masa mengandung sibuah hati, tentu anda sangat bahagia tentunya. Untuk menjaga kesehata anda dimasa kehamilan, maka hindari beberapa hal berikut ini agar bai anda lahir dengan sehat dan sempurna. 

1. Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi Alkohol saat hamil dapat meningkatkan resiko kematian janin, merusak pertumbuhan fisik dan perkembangan janin, serta gagal tumbuh janin walaupun Asupan Gizi Ibu Hamil cukup.
Bayi yang terlahir dari Ibu pecandu Alkohol biasanya mengalami fetal alcohol syndrome.

2. Konsumsi Kafein

Ibu yang sedang menjalani kehamilan sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Kafein, hal ini dikarenakan beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi kafein selama masa kehamilan dihubungkan dengan aborsi, berat badan bayi rendah, serta kematian tiba-tiba pada janin. Walaupun hal ini tidak pasti, namun sebaiknya di hindari atau dibatasi, karena mencegah lebih baik dari pada menyesal dikemudian hari.

3. Konsumsi Rokok

Dengan mengkonsumsi rokok akan menyebabkan keterlambatan pertumbuhan janin, dan resiko yang terjadi adalah bayi lahir dengan berat badan redah dan hal yang paling fatal yakni Ibu Hamil bisa melahirkan Prematur dan Kematian pada Janin.

4. Konsumsi Makanan Setengah Matang

Hindari mengkonsumsi Keju lunak dari kambing dan domba serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi, beberapa makanan seperti Susu,Keju,Sayuran dan daging rentan terkontaminasi bakteri, sehingga menyebabkan Listeriosis.

Apa itu Listeriosis ?

Mungkin anda tidak tau, namun Listeriosis adalah infeksi bakteri yang dapat mematikan janin dengan case fatality rate 30% pada saat kelahiran dan 50% pada saat 4 bulan pertama kehamilan.

5. Konsumsi Makanan Mentah

Sebagian besar makanan mentah berpotensi mengandung toksoplasmosis ( parsit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin) dan juga E.coli yang berbahaya bagi janin. Seperti Daging Mentah atau Kurang Matang.

Begitu juga dengan sayuran yang segar, sebaiknya dicuci dengan air yang mengalir supaya bebas racun dan dimasak terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri.

6. Konsumsi Makanan Yang Kemungkinan Mengandung Merkuri

Sebaiknya menghindari konsumsi ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat merkuri tinggi, karena dapat merusak saraf jikan dikonsumsi dalam jumlah besar. Seperti : Ikan tuna steak, ikan sea bass, hiu dan ikan-ikan besar lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel